Teori Dasar Database MySQL


MySQL adalah salah satu RDBMS (Relational Database Management System). Maksud RDBMS adalah aplikasi database yang menggunakan prinsip relasional / saling terhubung satu sama lainnya. Alasan menggunakan database MySQL dari pada RDBMS lainnya adalah :
  • Speed
  • Reliability
  • Skalability
  • User friendly
  • Portability and Standard Compliance
  • Multiuser Support
  • Internationalization
  • Wide Application Support
  • Open Source Code

Dalam relasional database model, sebuah database merupakan kumpulan relasi yang saling terhubung satu sama lainnya. Relasi adalah istilah dalam relational database, tapi kita lebih familiar jika menyebutnya sebagai tabel. Selayaknya tabel yang memiliki kolom dan baris, dalam relational database, kolom (column) disebut attribute, sedangkan baris (row) disebut tuple. Hal ini hanya sekedar penamaan, dan agar lebih gampang, kita hanya akan menggunakan istilah tabel, kolom dan baris dalam tutorial ini, namun jika anda menemui istilah relation, attribut dan tuple, itu hanya penamaan lain dari tabel, kolom, dan baris.

Jenis-Jenis Key Field Pada MySQL

1. Candidat Key (Kunci Kandidat)

Database dalam relational database dapat diserhanakan sebagai sekumpulan tabel yang saling terhubung. Setiap baris dari dalam tabel setidaknya harus memiliki sebuah kolom yang unik. Unik disini maksudnya tidak boleh sama. Candidate Key adalah satu atau beberapa kolom dalam tabel yang bisa mengidentifikasi tiap baris dari tabel tersebut. Beberapa karakteristik Candidate key : unik (tidak boleh berulang), tidak boleh memiliki nilai null (kosong), nilai dari candidate key akan sangat jarang berubah. Contohnya tabel data_mahasiswa, kolom NIM (Nomor Induk Mahasiswa) akan menjadi kandidat yang bagus, karena tidak mungkin ada 2 mahasiswa yang memiliki NIM yang sama. Contoh lain juga seperti Nomor KTP juga merupakan candidate key yang bagus, setidaknya setiap orang akan memiliki Nomor KTP yang berbeda-beda. Namun dalam beberapa kasus, nomor KTP tidak selalu ada, karena bisa saja seseorang belum memiliki KTP karena sesuatu dan lain hal.

2. Primary Key (Kunci Utama)

Dalam sebuah tabel, akan terdapat beberapa candidate key, namun hanya ada 1 Primary key (kunci utama). Primary key adalah salah satu candidate key yang kita nobatkan sebagai kolom unik untuk identifikasi baris dalam tabel. Kolom ini tidak boleh berulang, dan tidak boleh kosong (null). Dari tabel data_mahasiswa, NIM dapat kita tetapkan sebagai primary key.

3. Foreign Key (Kunci Tamu)

Adalah kolom atau field pada suatu tabel yang berfungsi sebagai kunci tamu dari tabel lain. Foreign Key sangat berguna bila kita bekerja dengan banyak tabel yang saling berelasi satu sama lain. Dalam kata lain Kunci Penghubung merupakan sarana untuk menguhung antara dua tabel yang berbeda, tetapi masih punya kaitan yang sama.


Jenis-Jenis Tipe Data Pada MySQL

1. Tipe Data Numerik

Tipe data numerik yaitu tipe data yang digunakan untuk menyimpan data numerik (angka).

2. Tipe Data Date dan Time

Tipe data date dan time yaitu tipe data yang digunakan untuk menyimpan data tanggal dan waktu.

3. Tipe Data String (Text)

Tipe data string yaitu tipe data yang digunakan untuk menyimpan data string (text).

4. Tipe Data BLOB (Biner)

Tipe data blob digunakan untuk menyimpan data biner.

5. Tipe Data yang Lain

Selain tipe data di atas, MySQL juga menyediakan tipe data yang lain, diantaranya adalah :


DDL - Data Definition Language

Seperti definisi yang telah dijelaskan di atas, DDL adalah kumpulan perintah SQL yang digunakan untuk membuat (create), mengubah (alter) dan menghapus (drop) struktur dan definisi tipe data dari objek-objek database. Objek-objek database pada yang dimaksud - pada MySQL - adalah sebagai berikut :
  • Database
  • Table
  • View
  • Index
  • Procedure (Stored Procedure)
  • Function
  • Trigger

DML - Data Manipulation Language

DML sendiri adalah kumpulan perintah SQL yang berhubungan dengan pekerjaan mengolah data di dalam table - dan tidak terkait dengan perubahan struktur dan definisi tipe data dari objek database seperti table, column, dan sebagainya.

Footer Right