Sintaks Dasar PHP

Seperti bahasa pemrograman lainnya, bahasa pemrograman PHP juga memiliki aturan atau sintaks tersendiri dan wajib kita pelajari juga. Basic sintaks merupakan dasar yang harus kita tahu dan pahami sebelum kita benar-benar membahas dan mempraktekan bahasa pemrograman PHP ini. Dalam sintaks dasar kali ini kita akan mempelajari tentang Tag PHP, Penggunaan PHP di HTML dan sebaliknya, Pemisahan instruksi , dan Membuat comment. Baik kita mulai satu persatu.
  1. Tag PHP
  2. Dalam pemrograman PHP di mulai dengan menggunakan tag <?php dan di akhiri dengan ?> . Serta default format file PHP adalah " .php ". Berikut contoh penggunaan tag PHP :
  3. Penggunaan PHP di HTML dan Sebaliknya
  4. Dalam pemrograman PHP kita masih tetap bisa menggunakan tag-tag milik HTML, begitu juga sebaliknya. Tetapi untuk format file sendiri kita harus menggunakan format file PHP. Langsung saja berikut contoh penggunaan tag-tag HTML di PHP dan sebaliknya :
  5. Pemisahan Instruksi
  6. Seperti bahasa pemrograman lain, PHP juga membutuhkan petunjuk untuk mengakhiri setiap pernyataan dengan tanda titik koma atau semicolon " ; ". Tanda titik koma digunakan apabila pernyataan lebih dari satu. Apabila pernyataannya hanya satu, tanpa tanda titik koma pun PHP masih bisa mengeksekusi pernyataan tersebut, jika lebih dari satu bisa dipastikan PHP tidak akan bisa mengeksekusinya. Berikut contohnya :
  7. Membuat Comment
  8. Tujuan pembuatan komen adalah untuk mendeskripsikan kode yang kita tulis, sehingga mempermudah kita atau orang lain untuk membaca kode-kode itu kembali. Berikut contoh pembuatan comment di PHP :

Footer Right