Struktur Kontrol Pada Pemrograman PHP

Struktur Kontrol atau Control Structure merupakan suatu algoritma program yang memiliki suatu kondisi yang dimana kondisi tersebutlah yang akan menentukan pengambilan keputusan atau perintah yang akan dijalankan.Disini saya tidak akan membahas kontrol struktur secara umum, melainkan akan membahas kontrol struktur pada bahasa pemrograman PHP. Karena tahap belajar maka sekarang yang akan kita bahas adalah struktur kontrol yang bersifat dasar atau sering kita jumpai pada bahasa pemrograman PHP. Berikut macam-macam struktur kontrol yang sering kita jumpai pada PHP dasar.
  1. IF
  2. Merupakan struktur kontrol percabangan yang hanya memiliki satu kondisi. Jika pernyataan benar (terpenuhi) maka perintah dijalankan, sedangkan jika pernyataan salah (tidak terpenuhi) maka perintah di abaikan. Berikut sintaks struktur IF : Berikut contoh koding PHP yang menggunakan struktur IF : 
  3. IF Else-IF
  4. If Else-If berbeda dengan If, Dimana If hanya memiliki satu kondisi, sedangkan if Else-if memiliki kondisi lebih dari 1 dan dari sekian banyaknya kondisi hanya akan di pilih salah satu yang benar (memenuhi). Berikut sintaks struktur IF Else-IF : Berikut contoh koding PHP yang menggunakan struktur IF Else-IF : 
  5. While
  6. Merupakan struktur perulangan yang berfungsi melakukan tugas berulang selama banyaknya pernyataan bernilai benar (terpenuhi). Berikut sintaks struktur While : Berikut contoh koding PHP yang menggunakan struktur While : 
  7. For
  8. Merupakan struktur perulangan yang memiliki 3 ekspresi yang menjadi ketetapan baku yaitu kondisi awal dari perulangan, perintah yang akan diulang, kondisi akhir perulangan akan berhenti. Berikut sintaks struktur For : Berikut contoh koding PHP yang menggunakan struktur For : 
Mungkin itu saja struktur kontrol PHP dasar yang sering kita jumpai dalam pemrograman PHP dan harus kita kuasai juga untuk mulai belajar bahasa pemrograman PHP. Untuk struktur lainnya akan saya update di post berikutnya dengan menyesuaikan materi PHP yang saya pelajari juga. Terima Kasih :D

Footer Right