Tipe Data Pada PHP

Tipe data merupakan klasifikasi atau pengelompokan yang menentukan jenis dari sebuah nilai yang di miliki variabel dan juga merupakan jenis operasi matematika, relasi serta operasi logika yang bisa digunakan untuk penyelesaian masalah.

Dalam bahasa pemrograman PHP sendiri terdapat tipe data yang yang telah klasifikasikan. Berikut adalah tipe data dalam PHP :
  1. Boolean
  2. Merupakan tipe data paling sederhana dalam pemrograman. Seperti bilangan biner yang mempunyai 2 nilai yaitu 1 dan 0, begitu juga dengan tipe data boolean yang memiliki 2 nilai atau kemungkinan yaitu TRUE atau FALSE. Tipe data boolean ini sering digunakan dalam pengujian bersyarat dalam pemrograman PHP.
  3. Integer
  4. Merupakan tipe data yang berupa bilangan bulat atau bukan pecahan seperti 1, 22, 172, dll. Berikut contoh kode PHP menggunakan Integer :
  5. Float
  6. Biasa juga disebut floating point number. Merupakan tipe data angka yang yang real yang biasanya memiliki bagian desimal di akhir angka seperti 3.14, 10.5, dll. Dalam pemrograman PHP bilangan desimal penulisannya bukan menggunakan koma ( , ) melainkan menggunakan titik ( . ). Berikut contoh penggunaan float :
  7. String
  8. String ini adalah tipe data yang berisi kumpulan text, kalimat, maupun karakter. Penulisan jenis type data ini ada 4 cara yaitu Single Quoted, Double Quoted, Heredoc, Nowdoc. Karena Heredoc dan Nowdoc jarang digunakan maka saya akan memberi contoh kode PHP yang menggunakan Single Quote dan Double Quote saja. Berikut Contoh penggunaan string :
  9. Array
  10. Array berbeda dengan type data pada PHP seperti integer, boolean dan lainnya, karena array adalah sebuah tipe data yang didalamnya terdiri dari kumpulan tipe data. Array mempermudah dalam membuat kelompok data dan menghemat penulisan & penggunaan variabel. Berikut contoh penggunaan array :
  11. Null
  12. Merupakan tipe data yang menunjukan bahwa variabel belum memiliki nilai atau data. Berikut contoh penggunaan null :

Mungkin itu saja yang bisa saya jelaskan tentang tipe data pada PHP. Semoga bermanfaat bagi pembaca yang sedang belajar PHP.

Footer Right